Blog Informasi dan Tips

Jumat, 13 Desember 2013

Cara Membasmi Kutu Busuk Tinggi

Ditulis oleh Santoso | pada 17.49 |

Cara Membasmi Kutu Busuk Tinggi - Kutu busuk adalah sejenis serangga yang hidup di lingkungan lembab, dan daerah atau tempat paling sering ditinggali hewan ini adalah kasur dan sofa. Kutu busuk atau red bug memiliki nama latin “Cimex lectularius”, di Indonesia biasa dikenal dengan berbagai nama sebutan seperti: bangsat, tinggi, kepinding.
cara mengusir tinggi bangsat

Kutu busuk atau tinggi ini memakan darah (manusia atau hewan). Serangga ini dikenal nocturnal atau beraktivitas di malam hari. Bekas gigitan tinggi biasanya membekas bentol-bentol dan ruam merah, disertai rasa gatal ringan (tergantung sensitifitas kulit yang digigit).

Jika anda memiliki masalah dengan seranga ini, ada beberapa cara untuk membasmi tinggi yang bisa anda coba terapkan dirumah. Berikut beberapa cara membasmi hewan tinggi:
  • Selalu cuci seprei minimal 1 minggu sekali (pencegahan)
  • Jika kasur sudah ditempati kutu busuk, cuci seprei dengan direndam  menggunakan air panas terlebih dahulu
  • Jemur kasur di terik matahari kurang lebih 2-3 jam, lebih lama lebih baik, jangan lupa untuk memukul-mukul kasur supaya kutu busuk yang mati bisa lepas dari kasur, termasuk juga telurnya. Alternatif jika tidak cukup terik matahari di daerah anda, gunakan pengering rambut (hair dryer), gunakan setelan paling panas dan semprotkan hair dryer ke permukaan dan sudut-sudut kasur atau sofa yang biasanya dihinggapi tinggi / bangsat.
  • Menggunakan semprotan anti-serangga. Cara ini tidak disarankan jika anda memiliki bayi / anak kecil yang tidur di tempat yang disemprot dengan racun serangga tersebut.
  • Mengunakan kulit durian. Letakkan kulit durian di dekat kasur anda, jika memakai ranjang, letakkan dibawah ranjang. Bau kulit durian yang menyengat tidak disukai oleh kutu busuk, namun cara ini perlu di pertimbangkan, karena ada beberapa orang yang tidak suka dengan aroma durian. Jika anda benci durian, lupakan cara ini hehehe.
  • Terakhir adalah dengan menggunakan kapur ajaib. Sebelum di tutup seprei, taburi kasur dengan kapur anti serangga. Atau bisa juga dengan mencampur remah kapur anti serangga dengan air, masukkan dalam botol semprotan dan semprotkan di bagian kasur.
Itulah beberapa cara mengusir kutu busuk / tinggi yang bisa anda coba. Gunakan metode yang sesuai dengan kondisi dan situasi di tempat anda, pertimbangkan juga efek dari cara mengusir tinggi tersebut, terutama yang berkaitan dengan penggunaan racun serangga.

Baca juga: Cara Mengusir Semut



3 comments:

  1. ada cara yang ampuh,dan sudah saya buktikan,pakek kapur ajaib,kutu busuk pada mati.kalo pakek baygon kurang ampuh,segala macam cara sudah saya coba,termasuk yang di postingan anda,tapi sekali pakek kapur ajaib,kutu busuk pada mati.

    BalasHapus
  2. Nonton Film Divergent Online
    Film terupdate terlengkap
    http://owinnastiti.blogspot.com/2014/04/nonton-film-divergent-online.html

    BalasHapus