Blog Informasi dan Tips

Rabu, 16 April 2014

Instal Game dengan Daemon

Ditulis oleh Santoso | pada 15.46 |

Instal Game dengan Daemon - Tutorial ini menjelaskan bagaimana cara instal game atau software dengan file mentahan berformat image (*.ISO, *.MDF, *.IMG, dan sejenisnya). Pada dasarnya, file dengan format image tersebut adalah virtual disc, jadi seolah-olah kita memasukkan sebuah CD atau DVD ke dalam drive tetapi ini bukan berupa CD/DVD dalam bentuk fisik, itulah mengapa disebut virtual.

Langsung ke pokok permasalahan, untuk instal game atau software dengan bahan virtual disc kita membutuhkan aplikasi untuk membukanya, dan salah satu yang paling user friendly adalah Daemon Tools

  • Instal Daemon Tools, dianjurkan restrart setelah instalasi sukses. (unduh disini)
  • Aplikasi Daemon Tools akan muncul di notification bar di sudut kanan bawah, klik kanan > virtua device > DT drive > Mount Image > arahkan menuju file virtua disc anda berada.


  • Setelah file di mount, maka di explorer akan terlihat seolah-olah kita memasukkan kepingan CD/DVD. Buka drive tersebut dan jalankan instalasi seperti halnya anda melakukan instalasi lewat kepingan CD/DVD. Jika game atau software terdiri dari lebih 1 maka untuk virtual disc berikutnya lakukan langkah yang sama dengan file virtual disc yang pertama tadi.


Dalam kondisi Daemon Tools anda tidak muncul di taskbar kanan bawah, maka alternatifnya adalah: buka aplikasi Daemon Tools > Klik "add image" > arahkan menuju file image anda > pilih file image yang sudah anda insert tadi > klik "mount" > Buka drive tersebut dan jalankan instalasi seperti halnya anda melakukan instalasi lewat kepingan CD/DVD.

Note:
Tutorial instal game dengan daemon ini dilakukan dengan OS Windows 7 Ultimate SP.1.

0 comments:

Posting Komentar